Akreditasi Program Studi Kesehatan: Awal dari Quality Cascade Menuju Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat
1. LATAR BELAKANG Peningkatan mutu pendidikan tinggi kesehatan yang berkelanjutan diharapkan dapat mendorong peningkatan outcome kesehatan masyarakat yang berkesinambungan. Tujuan akreditasi oleh LAM-PTKes bukan hanya untuk memberikan status dan peringkat akreditasi program studi saja, tetapi utamanya untuk menumbuhkan kesadaran, motivasi, dan langkah-langkah konkret yang akhirnya bermuara pada budaya peningkatan mutu berkelanjutan. Dalam menjalankan fungsinya, LAM-PTKes menggunakan instrumen, proses kerja, dan SDM penilai yang spesifik sesuai dengan bidang keilmuannya. Kredibilitas LAM-PTKes yang kontekstual dengan rencana penyelenggaraannya ditentukan oleh Nilai Operasional LAM-PTKes yaitu : 1. Continuous Quality Improvement (CQI); 2. Quality Cascade; 3. Conceptualization – Production – Usability (CPU); 4. Trustworthy; 5. Pendidikan Interprofesional sebagai Landasan Kolaborasi Interprofesional (Interprofessionalism). Quality Cascade sebagai Nilai Operasional menuntut keterkaitan antara kualitas pendidikan tinggi kesehatan dengan kualitas pelayanan di masyarakat. Sistem Akreditasi merupakan mata rantai yang tidak terpisahkan dalam rangkaian penjagaan kualitas sampai kesehatan masyarakat yang berkualitas sebagaimana terlihat pada gambar di bawah. Kegagalan dalam menjaga kualitas pada satu tahap / mata rantai, akan menyebabkan kegagalan dalam upaya mencapai kualitas pelayanan kesehatan yang berkualitas sebagaimana terlihat pada gambar di bawah. Quality Cascade dari Sistem Pendidikan Kesehatan Menuju Sistem Pelayanan Kesehatan Dalam rangka mewujudkan Quality Cascade dari Sistem Pendidikan Tinggi Kesehatan Menuju Sistem Pelayanan Kesehatan, maka dirasakan perlu ditulis buku dengan topik: “Akreditasi Program Studi Kesehatan oleh LAM-PTKes: Awal dari Quality Cascade Menuju Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat”. Buku ini rencananya akan diterbitkan oleh LAM-PTKes pada tahun 2015 ini. (Badranaya, Februari 2015).